Resensi buku Death in the Clouds – Agatha Christie

Death in the Clouds (Hercule Poirot)Death in the Clouds by Agatha Christie

My rating: 4 of 5 stars

Dalam sebuah pesawat terbang yang melambung tinggi di angkasa, seorang wanita ditemukan dalam kondisi telah tidak bernyawa. Siapakah pelakunya? Karena wanita tersebut meninggal pada saat pesawat sedang terbang, maka pembunuhnya dipastikan berada di dalam pesawat tersebut. Semua penumpang otomatis menjadi tersangka, termasuk detektif Hercule Poirot!

Tokoh Hercule Poirot ciptaan Agatha Christie seringkali dibanding-bandingkan dengan tokoh Sherlock Holmes yang diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle. Tentu saja banyak terdapat perbedaan, mulai dari setting waktu (Sherlock Holmes awal 1900an, Poirot mulai masuk ke pertengahan 1900an) hingga metode yang mereka gunakan untuk memperoleh kebenaran. Sherlock Holmes lebih banyak mengandalkan bukti fisik; seringkali dia menggunakan kaca pembesar untuk mencari bukti dan seringkali dia berhasil menemukan siapa penjahatnya karena dia menemukan benda yang memusnahkan alibi si penjahat (incriminating evidence). Holmes pun memiliki keunggulan fisik yang luar biasa sehingga dia dapat menghadapi penjahat dengan kemampuan fisiknya (Holmes bahkan digambarkan sebagai pemain anggar / petinju yang jempolan). Sebaliknya, Hercule Poirot (yang digambarkan sebagai detektif yang pendek, gemuk, dan sudah tua) tidak banyak menggunakan kekuatan fisik tapi menggunakan kemampuan yang sifatnya psikologis. Seringkali dia menemukan fakta baru melalui dialog dengan tokoh-tokoh lain; Cara Poirot berbicara yang penuh simpati membuat orang-orang lebih mau untuk terbuka dengan dirinya dibandingkan dengan polisi (ini pelajaran yang sangat bagus untuk para mahasiswa psikologi :D).

View all my reviews

Iklan

2 tanggapan untuk “Resensi buku Death in the Clouds – Agatha Christie

  1. BUKU GRATIS AGATHA CHRISTIE UNTUK ANDA !

    Untuk menggairahkan penulisan resensi buku, kami meluncurkan program pemberian buku Agatha Crhistie secara GRATIS kepada anda dengan persyaratan yang sangat mudah :

    Tulis komentar anda terhadap resensi buku yang kami buat ( resensi apa saja di blog ini ) pada kotak komentar yang tersedia.

    Komentar yang menurut kami terbaik dan atau memicu banyak komentar lainnya akan mendapatkan satu buah buku ( bukan e-book ) Agatha Christie yang judulnya telah ditetapkan, satu orang pemenang setiap bulannya. Nama pemenang yang kami pilih akan diumumkan setiap tanggal 25 setiap bulannya pada gadget blog ini. Jangan lupa mencantumkan alamat e-mail pada posting. Disarankan tidak menggunakan anonimus pada kolom komentar.

    AYO MENULIS !

    esanugrahaputra.bolgspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s