Christopher Hitchens (no Kim Jong-Il included)

Christopher Hitchens adalah seorang wartawan dan juga penulis yang sangat aktif. Dia membahas berbagai topik yang menarik secara kritis. Tema utama yang dibahasnya adalah politik, sejarah, dan (terutama) agama. Tema yang terakhir ini merupakan tema yang membuatnya dianggap sebagai seorang penulis yang kontroversial. Bukunya yang berjudul God Is Not Great menjadi Trending Topics di Twitter (dengan hashtag #GodIsNotGreat) setelah muncul berita bahwa Hitchens telah meninggal. Tentu saja banyak orang-orang religius yang merasa tersinggung dengan hashtag ini dan jadi marah-marah sendiri…

For a lot of people, their first love is what they’ll always remember. For me it’s always been the first hate, and I think that hatred, though it provides often rather junky energy, is a terrific way of getting you out of bed in the morning and keeping you going. If you don’t let it get out of hand, it can be canalized into writing. In this country where people love to be nonjudgmental when they can be, which translates as, on the whole, lenient, there are an awful lot of bubble reputations floating around that one wouldn’t be doing one’s job if one didn’t itch to prick.
– Christopher Hitchens, “For the sake of the Argument”

Hitchens juga terkenal sebagai seorang kritikus. Banyak sekali individu yang dikritik habis-habisan oleh Hitchens… termasuk Mother Theresa. Figur Mother Theresa mungkin dianggap terlalu suci oleh sebagian besar orang sehingga lolos dari kritik, tapi Hitchens tidak membiarkan itu terjadi. Tidak adanya usaha dari Mother Theresa untuk menumpas kemiskinan di Calcutta dan usahanya untuk menyebarkan agama Katolik dibahas secara mendetail dalam bukunya yang berjudul… The Missionary Position. (-_- )a

Abetterplace1

Tribute from Cyanide and Happiness

Tahun 2010, Hitchens divonis menderita kanker dan meskipun sudah mendapatkan chemotherapy, hidupnya tidak bertahan terlalu lama. Pada tanggal 15 Desember 2011, Hitchens diberitakan telah meninggal karena komplikasi (pneumonia).

What can be asserted without evidence can also be dismissed without evidence. – Christopher Hitchens

Bagi kalian yang ingin belajar untuk berpikir dengan lebih kritis, saya sangat menyarankan untuk membaca buku karya Christopher Hitchens. Saya ingin mengingatkan terlebih dahulu bahwa kita perlu membaca tulisan Hitchens dengan pikiran terbuka, karena dia tidak memiliki keraguan sedikitpun untuk menyerang topik-topik yang kita anggap suci, sakral, atau tabu.

Oh ya, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Il meninggal dunia juga. Mudah-mudahan kondisi Korea Utara tidak menjadi semakin parah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s