Golongan Darah

Kenapa sih kita punya beberapa tipe golongan darah?

Salah satu pembagian yang umum digunakan adalah golongan A, B, AB, dan O. Tentu saja sebenarnya pembagiannya lebih kompleks dari ini, tapi saya hanya akan menggunakan pengkategorian ini untuk menyederhanakan pembahasan. Pada awalnya, tentu saja spesies manusia nggak mendadak punya 4 golongan darah seperti ini.Tadinya mungkin cuma satu, lalu lewat proses evolusi, terciptalah versi lain.

Terus, gunanya apa?

Golongan A adalah tipe yang paling ‘purba’ karena sudah ada sejak manusia belum berevolusi ke spesies yang sekarang 😀 Lewat proses evolusi, terjadi mutasi gen sehingga terciptalah darah versi lain yang memiliki karakteristik berbeda (detailnya baca wikipedia deh). Karena golongan darah diturunkan dari orangtua, maka tentu saja terdapat penyebaran yang berbeda di tiap daerah. Katanya sih orang Asia lebih banyak golongan B.

Tapi… perbedaan golongan darah ini memberikan evolutionary advantage buat umat manusia: golongan darah tertentu lebih kebal terhadap jenis penyakit tertentu. On the other hand, jenis golongan darah yang sama juga lebih rentan terhadap jenis penyakit lainnya 😀 Tapi yang jelas, umat manusia jadi nggak secara merata dihabisi oleh satu penyakit tertentu.

Sekelompok spesies yang memiliki perbedaan lebih resilien dibandingkan dengan spesies yang sangat homogen.

I think nature is teaching us something, here: embrace difference. It helps us as a species.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s