Review Aplikasi iPusnas

Awal tahun ini saya bertekad untuk lebih banyak membaca buku yang dicetak dalam bahasa Indonesia. Ternyata banyak buku-buku lokal yang kontennya menarik tapi sampai sekarang belum saya pelajari. Bukan cuma buku fiksi, beberapa buku non-fiksi juga kualitasnya bagus karena memberi wawasan tersendiri yang mungkin tidak dibahas dalam buku luar negeri karena ada muatan budaya lokalnya.

Saya membaca artikel mengenai iPusnas di blog milik Queendya, ternyata aplikasi ini menarik juga. Di tahun 2019, hingga artikel ini ditayangkan, baru ada satu blog lain yang juga membahas mengenai iPusnas (yang lainnya sudah lama, sekitar tahun 2017-2018). Mungkin memang publikasinya kurang dan juga peminat aplikasi e-reader belum sebanyak itu. Padahal ini gratis loh.

Lokasi Unduh / Download Aplikasi iPusnas

Website resmi iPusnas adalah https://ipusnas.id. Langsung di tampilan depan, kita akan disajikan penjelasan singkat mengenai iPusnas dan laman untuk mengunduh aplikasinya. Untuk memudahkan, berikut laman untuk unduh aplikasinya:

Setelah punya aplikasinya, kita tinggal mendaftarkan akun email saja. Prosesnya mudah dan cepat. Setelah log in, kita bisa mulai meminjam buku yang ada di koleksi iPusnas.

Keunggulan

Gratis. Karena gratis, rasanya mantap sekali fasilitas perpustakaan digital yang disediakan oleh negara ini. Tentunya tidak semua koleksi buku di Indonesia lengkap karena nanti Gramedia bisa-bisa rugi. Kecepatan untuk menambah koleksi juga terbatas oleh kecepatan admin mengunggah koleksi baru. Tapi kegratisannya ini membuat saya kagum. Beberapa buku yang masih tergolong baru (< 1 tahun terbit) juga sudah ada di sini.

Di bukunya ada menu daftar isi. Jadi kita bisa langsung loncat ke bab yang ingin kita baca, tidak harus scroll seluruh halaman yang ada. Tidak semua koleksi buku ada Daftar Isi-nya, tapi beberapa yang saya pinjam sih ada.

Ada fitur bookmark sehingga kita bisa melanjutkan membaca dari halaman terakhir kita membaca, bisa juga memberi tanda di halaman tertentu yang kita anggap menarik.

Kelemahan

Aplikasinya memang belum sempurna. Kadang datanya nggak sinkron, apa yang sudah saya pinjam di Tablet Android, kadang belum muncul di handphone Apple. Begitu juga dengan buku yang saya pinjam di iPusnas versi desktop.

Secara tampilan (User Experience) masih perlu dikembangkan lagi karena terlalu banyak informasi yang kurang relevan (tidak ada personalisasi konten). Misalnya di laman beranda dituliskan buku apa yang baru ditambahkan oleh admin. Jumlah bukunya kan banyak banget. Akan lebih optimal jika kita bisa langganan informasi topik tertentu saja, sehingga kita hanya akan mendapatkan update ketika admin unggah buku baru di kategori buku tertentu (misal: saya hanya subscribe di kategori Psikologi, sehingga ketika admin unggah buku baru di kategori Akuntansi, saya tidak mendapatkan info tersebut).

Kita juga belum bisa atur ukuran font seperti di Kindle, karena nampaknya buku ini discan seperti file .pdf atau .jpg yang kita baca di HP. Jadi yang dapat kita lakukan adalah zoom in/out. Bagi pembaca di HP, ini akan jadi kendala. Tapi kalau kita baca di Tablet berukuran besar atau membaca di desktop tidak akan jadi masalah.

Simpulan

iPusnas ini sangat menunjang hobi membaca dan memudahkan akses ke buku-buku Indonesia yang sudah tidak ada di Gramedia. Semua bukunya gratis. Meskipun ada beberapa keterbatasan, tapi yang jelas iPusnas ini sangat menarik sehingga harus disosialisasikan ke lebih banyak masyarakat Indonesia.

Satu tanggapan untuk “Review Aplikasi iPusnas

  1. Iya, sedih banget masih jarang ada yang tau. Sekarang kalo mau baca itu sebenernya udah nggak pakek mahal lagi. Ada beberapa buku bagus kok di sana yang bisa dibaca secara gratis. sayang banget kalo disia-siakan begitu saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s