The Five Languages of Appreciation in the Workplace, Gary Chapman

The Five Languages of Appreciation in the Workplace: Empowering Organizations by Encouraging PeopleThe Five Languages of Appreciation in the Workplace: Empowering Organizations by Encouraging People by Gary Chapman
My rating: 3 of 5 stars

Buku yang dibuat oleh penulis The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate ini merupakan penerapan dari konsep buku yang serupa dalam konteks dunia kerja.

Premis dasarnya mirip: tiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai berbagai macam hal, misalnya dalam mengekspresikan kasih, meminta maaf, mengekspresikan marah, dan juga menunjukkan apresiasi. Menurut Gary Chapman, perbedaan tersebut dapat dikategorikan dalam “5 Bahasa”.

Secara ringkas, 5 Bahasa tersebut adalah:
1. Words of Affirmation: pujian atau kata-kata afirmasi positif terhadap pencapaian yang telah dilakukan seseorang.
2. Quality Time: pemberian “waktu” bagi seseorang, misalnya dengan mau mendengarkan apa yang sudah dilakukan, mau melakukan kegiatan bersama-sama, atau bekerja dalam jarak yang dekat.
3. Acts of Service: memberikan pelayanan atau bantuan kepada orang lain agar dia merasa dihargai dalam pekerjaannya, tentunya sesuai dengan kebutuhannya dan juga dilakukan secara tulus.
4. Tangible Gifts: apresiasi berupa benda nyata, yang tentunya sesuai dengan pribadi yang menerima hadiah tersebut.
5. Physical Touch: sentuhan fisik dalam kadar yang sesuai, meskipun tidak terlalu sering menjadi “bahasa utama” dalam konteks pekerjaan.

Tiap orang “berbicara” dengan “bahasa” yang berbeda-beda, seringkali hanya satu atau dua “bahasa” saja yang dijadikan sebagai “bahasa primer”. Orang akan merasa sangat diapresiasi ketika orang lain juga menggunakan “bahasa” yang sama dengan dirinya. Namun, terkadang ada blind spot dalam diri kita, yang membuat kita tidak dapat melihat dengan jelas apa “bahasa” yang digunakan oleh orang lain, sehingga kita maupun orang lain merasa tidak atau kurang diapresiasi dalam lingkungan pekerjaan.

Buku ini cukup sederhana, meskipun menurut saya terlalu panjang pada bagian tertentu (khususnya di bab belakang). Namun secara umum, buku ini cukup oke untuk dibaca bagi mereka yang berada di dalam lingkungan kerja dan ingin belajar untuk dapat melakukan apresiasi dengan lebih baik.

View all my reviews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s