Menilik Nurani Psikolog Indonesia (Resensi Buku Etika Psikologi)

IMG_0155.JPG

Judul : Etika Psikologi: Menilik Nurani Psikolog Indonesia
Pengarang : Nani Nurrachman Sutojo, Lidia Laksana Hidajat
Editor: Imelda Bachtiar
Penerbit : Buku Kompas
Tahun terbit : 2018
Jumlah halaman : 256

Blog ini sebenarnya ditulis oleh seorang psikolog ini sudah sangat lama sekali tidak menulis bahan yang berkaitan dengan psikologi. Kebetulan nih, kemarin baru selesai baca sebuah buku psikologi yang kayaknya bisa banget resensinya dijadikan bahan tulisan di blog.

Sebagai lulusan psikologi, saya merasakan betul bahwa buku teks atau referensi ilmu psikologi yang ditulis oleh penulis Indonesia masih sedikit. Meskipun ada, seringkali kontennya adalah hasil saduran dari buku teks luar, sehingga belum terlalu banyak gagasan baru yang ditambahkan oleh penulisnya.

Buku-buku semacam itu sangat membantu untuk mahasiswa psikologi yang kemampuan Bahasa Inggrisnya masih terbatas tetapi tetap membutuhkan akses materi pelajaran Psikologi. Tapi dari pengalaman pribadi, buku teks semacam itu tidak melalui proses editing yang baik sehingga seringkali malah membuat mahasiswa menjadi semakin tidak memahami materi pelajarannya. Beberapa buku teks nampak seperti diktat kuliah yang hanya dibungkus kembali dalam format buku.

Begitu melihat buku ini diterbitkan, saya merasa bahwa ini adalah buku yang kategorinya relatif “langka”.

Buku ini saya beli di gerai Kompas.Id secara online. Kebetulan banget pada saat itu sedang ada diskon. Jadi harganya dikorting dari Rp69.000 menjadi sekitar Rp50.000 (termasuk ongkir ke kost saya). Kalau teman-teman mau pesan, bolehlah pesan di Kompas.id. Pengirimannya cukup cepat dan packing-nya sangat rapi.

Belum banyak informasi mengenai buku ini. Di lingkungan kampusnya sendiri, sudah diadakan acara bedah buku. Publikasinya ada di Facebook.

Buku ini ditulis oleh dua orang pengajar di Universitas Katolik Atma Jaya: ibu Nani dan ibu Lidia. Saya tidak pernah menjalani kegiatan akademik di kampus tersebut, tapi kalau dilihat dari buku ini, ada kesan bahwa kampus tersebut cukup serius dalam hal keilmiahan. Bukunya ditulis dengan rapi, referensi ditulis dengan cukup lengkap di Daftar Pustaka, dan contoh yang diberikan pun relevan dengan konteks di Indonesia.

IMG_0154.JPG

Ada 4 buah bab dalam buku ini:

  1. Manusia Dalam Psikologi
  2. Nilai dan Etika Dalam Psikologi
  3. Peran Nilai dan Etika Dalam Profesi Psikologi
  4. Pemikiran Akhir

Dalam bab pertama, “Manusia Dalam Psikologi“, penulis menjelaskan bagaimana psikologi memahami manusia melalui sudut pandang fenomenologi dan eksistensialisme. Pembahasan mengenai posisi psikologi sendiri sebagai suatu “ilmu” atau “seni” juga dibahas di sini. Bab awal ini nampaknya ditulis dengan anggapan bahwa pembacanya sedang berada di tingkat awal perkuliahan psikologi. Penulis berusaha untuk menjelaskan dengan cukup lengkap kepada pembaca apa saja peristilahan yang digunakan di buku ini, sehingga banyak halaman yang isinya adalah penjelasan dari definisi.

Pada bagian kedua, yaitu “Nilai dan Etika“, pembahasan konseptual mengenai “values” juga sangat banyak disebutkan. Berhubung skripsi saya di jenjang S1 adalah tentang values, saya merasa seperti sedang membaca ulang buku-buku referensi yang saya gunakan dulu. Buku ini menjelaskan dengan lengkap; mungkin kalau saya membuat kembali skripsi tentang values, jangan-jangan saya cukup mengutip dari satu buah buku ini saja karena sudah mencakup hampir semua definisinya.

Kutipan dari tulisan Prof. Fuad Hassan cukup mengena: yaitu bahwa hidup manusia senantiasa berisikan konflik nilai dalam dirinya. Konflik ini bukan berarti proses penghancuran, tetapi justru adalah proses becoming (“menjadi”) manusia yang lebih matang.

Bagian ketiga bisa dibilang adalah “inti terapan” dari buku ini. Ada sejumlah contoh dalam berbagai setting psikologi yang dibahas di sini. Ada yang konteksnya dalam ranah Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, atau Psikologi Pendidikan. Membacanya cukup menyenangkan. Apalagi kasus yang diberikan juga sudah disesuaikan dengan kondisi yang ada di Indonesia. Saya jadi ingat waktu dulu masih belajar mata kuliah Kode Etik, kasus yang dibahas seringkali adalah kasus dari buku teks APA (American Psychological Association) sehingga ada kesan bahwa Kode Etik adalah sesuatu yang “jarak”-nya sangat jauh dengan kami. Contoh yang sudah dilokalisasi ini sangat membantu untuk membuat kita lebih mau memahami mengapa kita perlu belajar tentang Kode Etik.

Bagian terakhir lebih banyak menjelaskan mengenai penghayatan dan juga deskripsi dari proses pembelajaran Etika yang dilakukan oleh penulis kepada mahasiswa di Fakultas Psikologi Atma Jaya. Isinya seperti laporan penelitian; membaca bab terakhir ini cukup menarik karena kita jadi lebih paham konteks perkembangan kurikulum psikologi dan upaya apa saja yang telah dilakukan oleh para pengajar (khususnya di Fakultas Psikologi Atma Jaya).

Kalau saya jadi dosen yang mengajar mata kuliah Kode Etik, saya yakin akan menggunakan buku ini sebagai referensi. Selain cukup lengkap, penulisannya mudah dipahami, contoh yang diberikan juga cukup relevan dengan praktik Psikologi di Indonesia.

Untuk praktisi, mungkin penjelasan dari definisi terkadang terkesan terlalu banyak, tetapi masih cukup relevan untuk dipelajari kembali. Mungkin bakal lebih seru kalau dibuatkan contoh kasus yang lebih banyak atau ada bab Q&A / FAQ terkait Kode Etik.

Iklan

2 tanggapan untuk “Menilik Nurani Psikolog Indonesia (Resensi Buku Etika Psikologi)

  1. Hai Agoes, terima kasih untuk resensi buku yang relatif ‘langka’ ini. Saya senang sekali lihat buku ini. Dua-duanya mantan dosen tercinta dengan editornya juga pernah jadi kakak kelas (mode ‘BIRGing’ deh hehehe). Dari judul, penulis-penulis, dan editor, saya yakin sekali akan kualitas buku ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s