No Ordinary Disruption, Richard Dobbs

No Ordinary Disruption: The Four Global Forces Breaking All the TrendsNo Ordinary Disruption: The Four Global Forces Breaking All the Trends by Richard Dobbs

My rating: 2 of 5 stars

Saya baca buku ini karena rekomendasi dari Prof. Rhenald Kasali di kelas “Change Management” (bisa diakses di IndonesiaX). Bagian depannya sih bagus. Gagasannya menarik, yaitu bahwa memang perubahan di dunia ini banyak didasari oleh empat hal yang dibahas di buku ini. Dengan common sense saja, kita tentu bisa lihat bahwa dunia ini mengalami perubahan. Semakin lama, perubahan-perubahan ini menjadi semakin cepat terjadi.

Adapun empat hal yang dimaksud adalah:

1. Perubahan demografi warga negara dengan usia kerja produktif (kalau dilihat dari skor demografinya, jelas bahwa beberapa negara akan mendapatkan kesulitan untuk memperoleh tenaga kerja produktif. Sebaliknya, Indonesia termasuk negara yang akan mendapatkan bonus demografi karena banyaknya warga negara yang berada di usia produktif).

2. Pergeseran pusat perdagangan (urbanisasi dan berbagai perpindahan lainnya telah membuat negara-negara yang sebelumnya tidak terduga telah menjadi pusat dari perdagangan dunia. Siapa sih di abad sebelumnya yang bisa menduga bahwa roket luar angkasa yang murah itu akan diproduksi di India dan China, dengan kualitas yang baik?)

3. Kemajuan teknologi (semakin maju teknologi, maka semakin cepat juga pertukaran informasi yang ada. Ditambah lagi, teknologi yang baru terus membuat kita bisa memasuki area yang sebelumnya tidak terbayangkan oleh kita).

4. Global Interconnectivity (sekarang siapa yang sudah tidak terhubung dengan orang lain? Tiap negara sudah saling bergantung dengan negara lainnya… bahkan cukup banyak yang memberikan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh warga negara lain… di negara asalnya sendiri).

Tapi bagian belakangnya terasa kurang menarik. Kebanyakan kontennya terasa terlalu banyak membahas dari sudut pandang makro(ekonomi), sehingga kurang terasa manfaatnya kecuali jika memang dibaca oleh policy maker.

Overall ini bacaan yang lumayan lah untuk dapat gambaran secara umum mengenai perubahan yang terjadi dalam skala makro. Tapi kalau butuh insight atau wawasan dalam skala yang lebih kecil, mungkin lebih cocok baca buku yang lain.

View all my reviews

Iklan

Satu tanggapan untuk “No Ordinary Disruption, Richard Dobbs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s