Tikusnya Banksy

Di Inggris, ada graffiti artist terkenal dengan nama samaran “Banksy“. Dia banyak membuat karya yang sekaligus merupakan kritik sosial atau politik. Kalau kita sering browsing internet, hampir pasti pernah lah liat karyanya (apalagi kalau buka situs agregat meme/gambar kayak 9gag).


Nah, saya lagi baca salah satu buku kompilasi karyanya, judulnya Wall and Piece. Salah satu kategori gambar yang dibikin Banksy adalah gambar tikus (melakukan kegiatan manusia). Jadi ceritanya dia ngegambar tikus (rat) selama 3 tahunan, soalnya bisanya ngegambar itu. Tapi ada orang komentar, “wah elu pinter ya pake tikus, itu simbol dari salah satu sifat manusia, dan juga anagram dari art”.

Terus ya ga mungkin kan Banksy bilang dia juga baru kepikiran kaya gitu, tengsin, jadi dia (pura-pura) bilang aja bahwa “ya begitulah, emang itu tujuan gw dari semula“.

Nampaknya ini pengalaman yang cukup universal, soalnya tidak jarang kita dianggap oleh orang lain sudah menghasilkan suatu pemikiran yang lebih mendalam dan luar biasa, padahal kita mah mikirnya biasa aja dan ga sejauh itu, hehehe.

Iklan

3 tanggapan untuk “Tikusnya Banksy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s