Yang Saya Baca di Tahun 2013

Ada perkataan dari Cicero, “ruangan tanpa buku bagaikan tubuh tanpa jiwa“. Jika diibaratkan buku yang kita baca merupakan cerminan jiwa kita, rasanya tahun 2013 kemarin kurang oke buat saya (baik dalam hal penyelesaian target membaca buku, maupun hal-hal lainnya). Saya mentargetkan untuk membaca 60 buku, tetapi hanya 47 buku yang bisa saya selesaikan (tahun sebelumnya saya bisa mencapai target 60 buku).

Saya memang lebih sibuk dibandingkan tahun 2012, tapi seharusnya sih saya bisa memenuhi target tersebut. Dalam bayangan awal saya, sebagai mahasiswa yang melanjutkan studi S2 -nya, saya akan lebih banyak membaca buku. Tapi kenyataannya banyak hal-hal yang terjadi yang membuat saya tidak bisa membaca sebanyak itu.

Kalau buku yang kita pilih untuk dibaca juga mencerminkan isi pikiran kita, berarti saat saya menuliskan tentang buku yang saya baca di tahun lalu… rupanya saya secara tidak langsung juga sedang membuat kaleidoskop kehidupan saya di tahun sebelumnya. Saat saya melihat kembali daftar bacaan di tahun tersebut, kadang kepikiran “oh, waktu itu saya lagi mikir begini…, waktu itu saya pergi ke sini…”, dan semacamnya. Rupanya meninggalkan “jejak” buku yang sudah dibaca di internet bermanfaat juga.

Tahun 2014 ini bagaimana ya? Saya bertekad untuk kembali mentargetkan membaca 60 buku. Meskipun tidak ada jaminan bahwa target itu pasti akan tercapai, tapi membuat target dan bertekad untuk mencapai sesuatu itu tidak ada salahnya kan 🙂 Setidaknya kita tidak berdiam di satu titik, tetapi sudah mulai mempunyai arah.

Iklan
Dikirimkan di buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s