"But times change…. and so must I"

Postingan ini mungkin hanya akan dipahami oleh sesama Whovians.

Akhirnya saya nonton The Time of the Doctor, episode terakhir Matt Smith sebagai The Doctor dalam serial TV Doctor Who. Untuk yang belum mengetahui serial Doctor Who, ini merupakan serial yang sangat panjang dan sangat terkenal di Inggris (sudah dari tahun 1963).

Sebenarnya saya lebih suka The Day of the Doctor, karena ada adegan yang bikin kita ternganga dan penasaran (misal: adegan 13 Doctor menyelamatkan Gallifrey, obrolan antara The Doctor dan The Curator). Tapi saya suka scene terakhir di The Time of the Doctor: adegan perpisahan Matt Smith sebagai The Doctor.

But times change… and so must I.

Kayaknya enak juga kalau kita bisa berubah seperti The Doctor. Berubah itu sulit. Bahkan menurut ilmu psikologi, perubahan itu terjadi melalui serangkaian tahapan (Prochaska & DiClemente). Ada perubahan yang sulit untuk kita lakukan, mungkin karena kita belum memikirkan bahwa kita perlu berubah, atau karena kita belum siap untuk berubah.

Seberapa seringkah anda mendengar orang yang mengatakan ingin berubah, tapi pada kenyataannya malah tetap diam di tempat? Rupanya untuk berubah itu memang sulit. Jika dijelaskan dalam transtheoretical model, justru action ada di tahap 4 dari 5 tahap yang ada.

Dipikir-pikir lagi, bahkan The Doctor pun butuh beberapa season sebelum akhirnya berani menghadapi perubahan ya? Mungkin kita juga perlu lebih bersabar terhadap orang lain, dan juga terhadap diri kita sendiri ketika melihat bahwa perubahan masih belum terjadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s