Babe Ruth

Dalam permainan baseball, ada istilah “batting average“. Sederhananya, itu adalah jumlah pukulan yang hit dibagi dengan total jumlah pukulan yang pernah dilakukan oleh pemain tersebut. Misalnya saya pernah mukul 50 kali, dan berhasil hit 40 kali, maka batting average saya adalah 0,8.

Nah, di permainan baseball ini juga ada tokoh legenda Yankees: Babe Ruth. Untuk melihat daftar prestasinya, buka aja laman Wikipedia-nya.

Yang menarik: batting average Babe Ruth adalah…. 0,342.

Artinya, dia lebih sering gagal mukul daripada berhasil hit.

Jadi, kalau kita kembalikan contoh ini pada diri kita sendiri: buat apa kita sendiri berkecil hati ketika mengalami kegagalan? Not even the legendary figure in baseball is perfect in baseball (far from it, even!).

Hal lain yang menarik: kemampuan seseorang akan meningkat lewat proses mencoba, berlatih, belajar, dan pengembangan diri. Tapi seringkali kita justru mengejar kesempurnaan (perfectionism), sehingga kita malah tidak berani mencoba karena takut gagal. Akibat kurang mencoba, kurang berlatih, kurang belajar, akhirnya kita malah makin susah untuk mengembangkan diri.

Jadi mungkin ada baiknya kita menanggalkan saja perfectionism kita, dan berani mencoba… sembari mengambil resiko untuk gagal, tetapi melihatnya juga sebagai peluang untuk belajar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s