Pinjam Makanan

Di sebuah kafe, 2 orang mahasiswa dan 1 orang mahasiswi duduk sambil menunggu makanan pesanannya tiba. Sementara 2 orang mahasiswa itu mengobrol sambil menunggu makanannya tiba, si mahasiswi sibuk sendiri dengan smartphone-nya. Kira-kira 10 menit berlalu, dan pesanan mereka tiba. Si mahasiswa yang memang sudah lapar bersiap mengambil sendok dan garpu, lalu…

“Eh! Jangan dulu! Foto dulu!”, kata si mahasiswi.
“Tapi… ini kan makanan gw.”, jawab si mahasiswa dengan ekspresi bingung.
“Ya pokoknya foto ajah!”, lalu si mahasiswa mengambil piring si mahasiswa dan meletakkannya di depan meja, lalu dia mencoba mengambil gambar dengan smartphone-nya. Sekali difoto, nampaknya dia kurang puas. Dia berdiri dan mengambil gambar dari sudut pandang yang lain… dan melihat orang di meja sebelahnya memesan makanan yang cukup mahal.

Apa yang terjadi selanjutnya?
Si mahasiswi pun menghampiri meja sebelah dan meminta ijin untuk… pinjam makanannya.
Biar bisa diambil fotonya.
Untuk diupload ke akun instagram-nya.

Tentunya dia nggak akan tulis “ini makanan di meja sebelah yang kayaknya lebih mahal”, tapi pakai hashtag yang banyak, seperti #lunch #hangout #food #foodgasm #instafood #nofilter dan berbagai macam ##### lainnya.

Cerita di atas nampaknya ekstrim, tapi in a way kita juga pernah berperilaku seperti ini, akui saja lah. Saya juga pernah mengupload foto makanan yang ada di kamar saya, dan sekarang saya berpikir “buat apa ya? why? ga penting juga orang lain tahu saya punya snack apa di kamar”.

Tapi “saya” yang ada di kamar dan “saya” yang ada di akun Instagram adalah “saya” yang berbeda. Keren banget nggak sih kalau setiap orang yang kita jumpai itu kehidupan sehari-harinya sama persis dengan Instagram-nya? Mungkin ada ya… tapi dari yang saya temui sih isi foto instagramnya terlalu keren untuk orang aslinya (ya biasanya itu cuma highlight of the week-nya orang itu saja). Mungkin juga karena kenalan saya yang sedikit dan memang kebetulan saja perilakunya seperti itu…

Yang jelas adegan pinjam makanan ini beneran terjadi.
Mungkin pernah kalian alami juga?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s