Mengelus Anjing Yang Sedang Terbakar

Tahun 2008, di channel HBO ada miniseries berjudul Generation Kill. Isinya menceritakan pengalaman Evan Wright sebagai wartawan Amerika saat invasi Irak tahun 2003. Karena namanya juga miniseries, maka totalnya hanya ada 7 episode. Di episode 5, muncul kalimat ini:

Never pet a burning dog.

Tentunya itu bukan untuk dimaknakan secara harafiah (orang macam apa yang berpikir untuk mengelus-elus anjing yang lagi terbakar?).

A burning dog” (anjing yang sedang terbakar) ini maksudnya adalah apapun yang sedang menderita dan membutuhkan pertolongan. Kebanyakan orang biasanya baik hati dan mau menolong orang yang menderita. TAPI… seringkali “bantuan” itu sifatnya terlalu remeh atau tidak tepat sasaran.

Petting a burning dog” ini maksudnya adalah memberikan bantuan yang tidak diinginkan atau justru tidak membantu sama sekali. Anjing yang sedang terbakar tentunya tidak akan berpikir untuk berterima kasih karena kita mengelus-elus dia, karena dia sedang terbakar. Bahkan, mungkin dia akan marah dan menggigit anda karena anda menghampirinya.

Petting a burning dog” di sini artinya adalah mencoba untuk memberikan pertolongan, namun justru malah melukai semua pihak yang terlibat di dalamnya. Dalam hidup anda, mungkin anda juga pernah merasakan hal seperti ini?

Dalam miniseries Generation Kill, istilah ini merujuk pada invasi Irak. Rakyat Irak sudah menderita di tangan Saddam Hussein, dan intervensi dari Amerika malah semakin memprovokasi permusuhan yang ada.  Informasi tentang Generation Kill ini saya peroleh dari r/AskReddit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s