60 Buku

Tahun ini, saya berhasil mencapai target saya untuk membaca 60 buah buku, yay! 😀  Ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, ketika saya bahkan tidak berhasil mencapai target membaca 52 buku. Tahun ini memang banyak buku yang saya baca, tapi sebetulnya saya tidak menetapkan kategori tertentu dalam genre buku yang saya baca; yang penting bukan komik saja. Dari 60 buku yang saya baca, sekitar seperempatnya adalah buku tentang Psikologi.

Untuk tahun depan, saya akan kembali menetapkan target 60 buah buku (baca 5 buku per bulan). Bedanya, kali ini saya akan lebih spesifik:

  • Sepertiga buku yang akan saya adalah buku tentang Psikologi (berarti sekitar 20 buku).Berhubung sekarang status saya adalah kembali menjadi mahasiswa, saya merasa perlu untuk memperluas wawasan saya mengenai perkembangan ilmu Psikologi saat ini. Artinya, minimal tiap bulan saya akan membaca 1 atau 2 buku tentang Psikologi.
  • Saya akan membuat 20 buah resensi di situs goodreads.com untuk buku yang saya baca di tahun 2013. Kalau saya mengerjakannya rutin, berarti saya membuat resensi setiap 2-3 minggu sekali.
  • Saya akan membaca setidaknya 4 buku yang masuk kategori classics. Berarti, tiap 3 bulan sekali saya akan membaca 1 novel klasik.
  • Saya juga akan membaca buku novel berbahasa Indonesia, setidaknya 12 buku. Artinya, per bulannya saya akan membaca sebuah buku berbahasa Indonesia.
  • Saya akan memasukkan buku-buku yang saya inginkan ke dalam wishlist yang saya buat di blog ini. Siapa tahu ada yang berbaik hati mau membelikan 😀

Desember 2013, saya akan membuka postingan ini lagi untuk melihat apakah target saya kembali tercapai atau tidak 🙂

Tambahan 
31/12/2012

Setelah saya review lagi, ternyata pacing saya dalam membaca nggak konsisten. Menjelang akhir tahun, mendadak jumlah buku yang saya baca jadi lebih banyak, itu sebabnya saya bisa mencapai target 60 buku. Tentunya ada sumbangan dari faktor status saya sebagai mahasiswa juga.

Tahun ini saya banyak membaca ebook(16 buku), peningkatan yang cukup drastis. Padahal saya masih belum beli ebook reader. Sampai sekarang pun saya masih belum berniat membelinya, karena memang belum mengalokasikan budget untuk gadget tersebut. Rasanya hal itu masih ada di kategori wants, bukan needs. Suatu saat mungkin ya.

Saya membaca 13 buah novel, yang penyebarannya sama sekali tidak merata. Di penghujung tahun, saya hanya membaca satu buah novel fiksi, yaitu A Clash of Kings. Pasti ini kombinasi efek kejar tayang + jadi mahasiswa, jadi tidak sempat banyak-banyak membaca buku novel. Sekitar 33% (20 buku) yang saya baca adalah buku karya penulis Indonesia. Berarti tahun ini saya lebih banyak membaca buku berbahasa asing. Mungkin saya memang sebaiknya menambahkan bacaan bahasa Indonesia di tahun 2013. Sayang juga, padahal di tahun 2012 banyak bacaan karya penulis Indonesia yang katanya bagus-bagus. Saya akan kejar ini di tahun 2013.

    Iklan
    Dikirimkan di buku

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s