Tujuh Ratus Lima Puluh Kata

Dulu, saya punya kebiasaan menulis setiap harinya di blog (kalau mau, bisa lihat di sini). Setidaknya setiap hari saya akan mengusahakan satu buah postingan… tidak perlu panjang atau ada tema tertentu, yang penting menulis saja setiap harinya. Waktu itu saya ingin memiliki kebiasaan baru yang saya anggap positif: menulis. Menjadikan kegiatan ini sebagai habit memang memberi banyak manfaat. Saya jadi terdorong untuk lebih banyak baca, dan juga terdorong untuk berpikir agar dapat dibahasakan kembali oleh saya. Tentunya kemudian saya tidak serta merta otomatis langsung jadi orang yang pemikirannya sangat runtut, tapi setidaknya saya merasakan ada sedikit peningkatan dari tingkat koherensi tulisan saya.

Tapi kemudian saya berhenti menulis di blog tersebut, dan menjadikan blog ini sebagai blog utama saya. Setelah itu, saya tidak lagi membuat postingan rutin setiap harinya. Saya hanya sesekali saja mempublikasikan tulisan kalau sedang kepingin. Lalu ke mana perginya habit menulis yang sudah dibentuk sebelumnya selama berbulan-bulan? Tidak hilang kok. Saya tetap menulis, tapi tidak lagi menampilkan tulisan saya saja.

Sekarang saya mengusahakan untuk menulis setiap hari di situs 750words. Itu bukan situs blogging, tapi hanya sekedar tempat untuk menampung tulisan. Sesederhana itu. Ini cuplikan tentang kenapa ada orang yang membuat website seperti itu, dan bagaimana kita dapat menggunakannya:

I’ve long been inspired by an idea I first learned about in The Artist’s Way called morning pages. Morning pages are three pages of writing done every day, typically encouraged to be in “long hand”, typically done in the morning, that can be about anything and everything that comes into your head. It’s about getting it all out of your head, and is not supposed to be edited or censored in any way. The idea is that if you can get in the habit of writing three pages a day, that it will help clear your mind and get the ideas flowing for the rest of the day. Unlike many of the other exercises in that book, I found that this one actually worked and was really really useful.

Nah, mungkin situs ini berguna juga buat orang-orang yang ingin membangun kebiasaan menulis tapi malu kalau tulisannya di blog dibaca oleh orang lain. At least, give it a try. Menulis 750 kata setiap harinya tidak mudah, sehingga kita akan terpacu untuk berpikir dan mengemukakan gagasan yang ada dalam pikiran kita agar bisa mencapai target jumlah kata tersebut. Awalnya menulis konsep, lalu jadi diari (keluhan, omelan, dongeng, dan sebagainya), lalu jadi daftar kerjaan yang harus diselesaikan hari itu, lalu kembali lagi jadi membahas konsep, dan seterusnya. Kalau otak kita perlakukan paralel seperti otot, kita harus melatihnya tiap hari biar tetap bugar. Mungkin ini salah satu alternatif kegiatan yang bisa dikerjakan 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s