Bukan Bidak Biasa

Bayangkan kita sedang bermain catur. Biasa aja kan? Tapi sekarang bayangkan semua bidak di papan catur itu punya pikiran sendiri, punya perasaan sendiri, punya angan-angan sendiri, dan punya berbagai motivasi tersendiri. Mendadak, ini menjadi suatu kegiatan yang sangat sulit.

Dalam situasi seperti ini, analisa yang sifatnya mekanistik (apalagi yang sungguh mengikuti panduan di manual book sepenuhnya) tidak akan berjalan dengan efektif. Kita tidak hanya sulit mengetahui lawan kita akan membuat gerakan seperti apa dengan bidak caturnya, tapi juga kita tidak akan tahu pasti apa yang akan dilakukan oleh kelompok kita sendiri. Timbul lebih banyak ketidakpastian, sehingga kita harus lebih dinamis dan fleksibel dalam berpikir serta bertindak.

Kira-kira itulah yang sedang terjadi dalam hidup kita sehari-hari. Jauh lebih rumit daripada bermain catur dengan bidak-bidak yang sepenuhnya mengikuti keinginan kita. Manusia yang berinteraksi dengan kita bukanlah benda mati yang bisa dengan mudah kita gerakkan sesuai kehendak kita. Oleh karena itu, berpikirlah matang-matang sebelum mengambil suatu keputusan karena itu dapat memberi pengaruh yang besar 🙂

Mungkin tulisan ini bakal terasa lebih relevan buat mereka yang sedang berkutat dengan organisasi 🙂 Semoga ilustrasi ini bisa memperjelas situasi seperti apa yang sedang dialami saat ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s