Yang tidak diajarkan di sekolah…

Di seri The Sandman (Vol. 9, The Kindly Ones) karya Neil Gaiman, ada kutipan menarik dari salah satu karakter fiktif di graphic novel tersebut. Katanya, dia sudah membuat “daftar hal-hal yang tidak diajarkan di sekolah”. Cuplikannya:

Sekolah tidak mengajarkan bagaimana caranya mencintai seseorang. Sekolah tidak mengajarkan bagaimana caranya mengetahui apa yang sedang dipikirkan oleh orang lain. Sekolah tidak mengajarkan apa yang harus kita katakan pada orang yang sedang sekarat. Sekolah tidak mengajarkan semua hal-hal yang perlu kita ketahui.

We are clueless about all that stuff!

Kalau ditanya kenapa saya memilih kuliah di psikologi, jawaban yang agak berbau psikologisnya adalah karena di sekolah nggak diajarkan bagaimana caranya memahami orang lain. Sampai lulus pun ternyata memahami orang lain masih tetap sulit karena perlu usaha lebih dan introspeksi yang berkelanjutan. Untuk memahami orang lain, kita perlu memahami diri kita sendiri. Saat diri kita berubah, cara kita memahami orang lain juga akan berubah. Saat kita sendiri masih belum stabil dan terus berubah-ubah, kita tidak akan bisa benar-benar memahami orang lain.

Buat bisa mengerti tentang hal-hal yang ada di paragraf 2, jelas tidak bisa hanya sekedar jadi pengamat yang melihat dari jauh. Kalau umpamanya ada di pantai, kita harus ikut berenang dan merasakan basahnya air laut dan teriknya panas matahari. Jelas nantinya nggak akan seperti baca buku latihan soal yang ada ‘aha-insight-moment’ dan langsung bisa menyelesaikan permasalahan saat itu juga. Mungkin kita tidak akan langsung tahu apakah kita sudah jadi paham atau belum, karena kita terus berada dalam proses untuk menjadi paham.

Iklan

3 tanggapan untuk “Yang tidak diajarkan di sekolah…

  1. My coder is trying to persuade me to move to .
    net from PHP. I have always disliked the idea because of the costs.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on numerous websites for about a year and am
    worried about switching to another platform. I have heard excellent things about blogengine.
    net. Is there a way I can import all my wordpress posts into
    it? Any kind of help would be really appreciated!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s