Pai Ma

Masih nyambung dengan postingan sebelumnya tentang Sun Go Kong, tentu hampir semua orang tahu bahwa rombongan yang pergi ke Barat bersama biksu Tong adalah Sun Go Kong, Chu Pa-chieh (Tie Pat Kay), dan Sha Ho-shang (Sha Cheng). Yang menarik dari cerita perjalanan ke Barat adalah dinamika di dalam kelompok ini yang bisa jadi semacam refleksi atas pergulatan batin yang kita alami di dalam diri kita sehari-hari.

Sun Go Kong mewakili perilaku kita yang liar, tidak terarah, sombong, dan egois. Tie Pat Kay mewakili keserakahan dan nafsu. Sementara itu, Sa Cheng mewakili diri kita yang tidak yakin diri dan perlu mendapatkan dukungan dari lingkungan. Biksu Tong sendiri merupakan perwakilan dari bagian dari diri kita yang mengendalikan aspek yang lain agar tetap terkendali.

Ada yang mengatakan bahwa pesan moral dari kisah Perjalanan ke Barat adalah bahwa pelajaran terpenting yang diperoleh para tokoh utama bukanlah “Kitab Suci” di Barat, tapi justru proses pendewasaan yang didapatkan dengan cara mengatasi 81 cobaan yang mereka hadapi di sepanjang jalan menuju ke Barat. Di dalam perjuangan mereka, yang penting bukan hasil akhirnya tapi proses yang dialami.

Buat refleksi: jadi yang bisa mendewasakan diri kita adalah saat kita mengalami permasalahan dan konflik, serta usaha kita untuk mengatasi hal tersebut. Kedewasaan kita dapat dibentuk dari interaksi berbagai aspek pribadi yang kita miliki. Berdialog dengan diri sendiri bisa jadi membantu kita untuk lebih matang 🙂

Oh ya, sebenarnya ada satu lagi murid biksu Tong yang ikut pergi ke Barat, yaitu pangeran Naga yang dihukum menjadi… kuda putih (= Pai Ma) yang ditunggangi biksu Tong. Di dalam cerita, kayaknya dia hanya jadi pelengkap dan tidak punya banyak peran.

Begitu juga dalam hidup ini, jangan takut menjadi seseorang yang akan menghadapi hambatan dan konflik, karena saat kita berhasil mengatasi hal tersebut, kita akan jadi lebih matang dan dewasa. Kita bisa saja menjadi figur yang sekedar ikut-ikutan saja, tapi kita akan hanya sekedar jadi pelengkap.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s