updates & links

  1. Update informasi. Sebelumnya saya sempat menuliskan tentang Michael Phelps di sini. Meskipun benar bahwa Michael Phelps yang sekarang tidak lagi sehebat Michael Phelps di olimpiade Beijing 2008 yang memperoleh medali di semua cabang renang, dia masih mampu menunjukkan kualitasnya sebagai atlet kelas dunia: Phelps breaks all-time Olympic medal record
  2. The Diplomat: “Indonesia Looks Back”. Beberapa hari yang lalu, ada indikasi dari presiden SBY bahwa dia ingin menyelesaikan kasus 1965. Artikel ini membahas kembali tentang apa yang dilakukan oleh presiden Soeharto pada tahun 1965, dan apa yang dilakukan oleh Prabowo pada tahun 1998.

    Sedikit kutipan:
    Another Indonesian analyst, who declined to be named, added the recent re-emergence of Maj. Gen. Prabowo Subianto, the son-in-law of Suharto, onto Indonesia’s political landscape could prove a further hurdle in finding justice for victims of past crimes.

    “Over the last 14 years Prabowo has traded in his military greens for tailored suits and re-invented himself as a businessman-cum-politician and is expected to contest elections in 2014,” he said.

    Prabowo used his troops to organize gangs of thugs during the 1998 riots that attacked and razed scores of Chinese businesses in Jakarta while publicly urging Indonesians to help him in confronting “traitors to the nation.”

    Sekarang, Prabowo adalah salah satu calon presiden yang akan maju di pemilihan presiden 2014. Gila juga ya… lebih gila lagi melihat dukungan masyarakat terhadap dia. Melihat banyaknya orang-orang konservatif yang masih dapat dipengaruhi hal-hal primordial dan juga pemujaan terhadap individu tertentu, rasanya ini cukup mengerikan.

  3. Lagi kepikiran lagi, nampaknya di usia sepantaran saya, orang-orang sebaya yang berpenampilan sok rapi, sok ramah, betul-betul berusaha menampilkan kesan “you can trust me!”, dan tahu-tahu menawarkan kesempatan kerjasama bisnis (tanpa tahu latar belakang saya) ujung-ujungnya memang hanya ingin membuat saya tergabung dalam sebuah piramida yang menempatkan dirinya di posisi paling atas. Bukan ingin membuat saya bahagia, tapi membuat DIA bahagia. Anehnya, kok banyak orang-orang yang memberikan trust kepada orang-orang semacam ini.
  4. Olimpiade. Memanfaatkan kondisi sistem yang ada dengan sebaik-baiknya, beradaptasi, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan adalah hal yang wajib kalau kita mau berhasil melakukan sesuatu. Tapi belum lama ini terjadi hal yang menarik di olimpiade London 2012: 8 atlet badminton ganda putri (Indonesia, China, Korea) didiskualifikasi. Alasannya? Karena sengaja mengalah (karena kalau kalah, mereka akan tetap lolos dan malah mendapatkan lawan yang lebih mudah). Nampaknya ini bukan semata-mata kesalahan pemain, tetapi juga perlu jadi masukan bagi para official dan terutama sekali: BWF (Badminton World Federation). Mereka perlu menciptakan sistem yang tidak memberikan insentif terhadap perilaku ‘sengaja kalah’.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s