Fantasi

Setiap orang punya konsep diri ideal yang berbeda, sehingga fantasi tiap orang juga berbeda. Terkadang, kita melibatkan orang lain dalam fantasi pribadi kita. Saat dua orang saling jatuh cinta, mereka sama-sama punya sebuah fantasi bahwa mereka akan bahagia bersama. Akan tetapi, fantasi “bahagia” tiap pihak bisa berlainan (yang nantinya bakal kelihatan saat mereka bertengkar dan beradu argumen).

Jika salah satu pihak menganggap fantasinya sebagai hal yang harus dijadikan realita oleh  pihak lain, suatu saat dia pasti akan mengalami kekecewaan. Biar bagaimanapun juga, fantasi bukanlah realita. Kata John Lennon, “Life is what happens to you while you’re busy making other plans“. Biarpun kita melibatkan orang lain dalam fantasi kita, orang lain belum tentu punya fantasi yang sama dengan fantasi kita. Bahkan belum tentu kita dilibatkan dalam fantasinya.

Meskipun fantasi-yang-melibatkan-orang-lain ini belum tentu sama dengan fantasi orang lain, kita bisa merasa aman dalam khayalan kita itu. Istilah yang suka dipakai: punya rasa secure. Tentu saja perasaan aman dan nyaman ini akan hilang saat fantasi itu rubuh ditabrak oleh kerasnya realita.

Orang yang menganggap dirinya sebagai si-orang-spesial-bagi-orang-yang-spesial-bagi-dirinya (ini adalah fantasi karena realitanya belum tentu begitu) akan mengalami rasa kecewa yang berat saat berhadapan kenyataan bahwa dia tidak dianggap spesial oleh orang itu. Ternyata dia hanya satu-dari-banyak-orang-lain buat si orang itu, misalnya.

Saat berada dalam kondisi seperti itu, ada dua hal yang dapat dilakukan:

1. menyangkal realita, alias denial dan tetap hidup dalam fantasi pribadi (dengan cara membohongi diri sendiri supaya fantasi tetap hidup), atau

2. menghadapi kenyataan, melakukan proses pembelajaran, dan melanjutkan hidup sebagai pribadi yang lebih matang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s