Olga Maratos

Salah satu murid Jean Piaget, Olga Maratos, menemukan bahwa sang ahli perkembangan kognitif ini mungkin keliru. Melalui risetnya, Jean Piaget menyimpulkan bahwa bayi tidak bisa melakukan imitasi perilaku orang lain sebelum mereka berusia minimal 8 bulan. Kenyataannya, ternyata bayi yang baru lahir pun sudah bisa meniru perilaku sederhana seperti menjulurkan lidah.

Saat Olga Maratos menyampaikan temuannya kepada kalangan psikolog dan ahli perkembangan, apa reaksi mereka? Olga Maratos diminta untuk mempelajari kembali teori Piaget dan melakukan pengambilan data dengan sampel yang lebih luas. Pada saat itu, mereka tidak percaya pada temuan Olga Maratos karena hal tersebut mengubah konsep milik Jean Piaget yang sudah melekat dalam pikiran mereka.

Banyak orang yang akan merasa nyaman bila bisa terus menjalani hidupnya dalam pola yang dibentuk dalam pikirannya. Si ini lebih pintar dari saya, si itu lebih rendah dari saya, si ini harus dibeginikan, si itu harus dibegitukan. Kemudian, akan ada usaha untuk menjaga agar pola ini tetap konstan dan tidak berubah. Kenyataannya, dunia terus berubah. Jadi apa yang akan dilakukan? Salah satu yang sering dilakukan adalah berusaha “mengembalikan” situasi pola tersebut agar kembali sesuai dengan pola pikiran kita.

Dalam menghadapi reaksi orang lain terhadap diri kita, hal tersebut bisa jadi salah satu pertimbangan kita. Jangan-jangan reaksi orang ini adalah usaha dirinya untuk mengembalikan kondisi “pola”-nya agar sesuai dengan isi pikirannya?

Misalnya, X punya konsep bahwa si A ini posisinya tinggi banget, layak dipuja-puja. Saat berhadapan dengan fakta yang bertentangan dengan hal itu, X akan berusaha untuk menyangkal atau mencari-cari hal lain (baik nyata maupun terdistorsi) yang mendukung pola pikirnya yang semula. Begitu juga sebaliknya, jika X punya konsep bahwa si B posisinya lebih rendah dari dirinya, dan kemudian si B dianggap melebihi diri X, maka X bisa saja akan menyangkal atau mencari-cari hal lain (baik nyata maupun terdistorsi) yang mendukung pola pikirnya yang semula.

P.S.: Postingan ini memang agak terpengaruh sedikit sama Pilkada DKI Jakarta, tapi ini bukan postingan politik loh ya 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s