Permintaan spesifik

Kalian pasti pernah mengalami dimintai sesuatu oleh orang lain kan? Apa yang jadi dasar pertimbangan kalian mengiyakan atau menolak permintaan orang itu?

Salah satu yang jadi pertimbangan saya adalah seberapa spesifik permintaan itu. Tiap kali saya diminta untuk memberikan donasi (baik secara individual maupun mewakili kelompok tertentu), seringkali mereka tidak menjelaskan secara spesifik uang saya akan dipakai untuk apa, ditujukan ke siapa, dipakai kapan, kenapa saya perlu ngasih, dan keterangan-keterangan lainnya.

Selain itu, jika saya sudah memberikan donasi dan ternyata tidak ada keterangan lanjutan tentang bagaimana duit saya dipakai, saya juga jadi malas untuk memberikan donasi lagi. Apalagi kalau saat meminta donasi, si peminta ini sambil berkelakar ‘nanti uangnya kalau sisa bakalan dipakai untuk makan-makan panitia’. Kan saya jadi bingung sebenarnya tujuan kegiatan tersebut tuh apaan: untuk menyelesaikan isu tertentu atau untuk membahagiakan panitia…

Jadi untuk orang-orang seperti saya, sepertinya meminta sesuatu tuh harus disampaikan secara detail. Gak ekstrim sampai harus pakai proposal lengkap sih, tapi setidaknya jelaskan saja apa perbedaan yang akan saya buat -secara spesifik- dengan sumbangan yang saya berikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s