Temanku, Teroris? – Noor Huda Ismail

Temanku Teroris?

Temanku Teroris? by Noor Huda Ismail
My rating: 2 of 5 stars

Buku ini nampaknya adalah usaha dari penulis untuk ‘memanusiakan’ Mubarok, yang selama ini hanya kita kenal sebagai bagian dari pelaku kejadian Bom Bali. Selain itu, penulis juga berusaha untuk menampilkan pondok pesantren Ngruki sebagai sebuah tempat yang dihuni oleh manusia, bukan oleh calon teroris.

Meskipun demikian, saya merasa ngeri membaca buku ini. Ngeri, karena rupanya ada ya orang-orang yang merasionalisasikan tindakan teroris sebagai sesuatu yang benar. Dalam buku ini, Mubarok digambarkan dengan sangat ‘putih’ (SUCI, malah!), bahkan digambarkan sebagai orang tidak bersalah yang merupakan korban dari ulah Yahudi dan AS (saya agak malas juga kalau ujung-ujungnya menyalahkan pihak ini melulu).

Kengerian lainnya adalah kesan yang timbul dari penulis sendiri, bahwa dia merasa prihatin karena Bom Bali menimbulkan korban di pihak sesama muslim juga. Seolah-olah kalau yang jadi korban adalah non-muslim, itu tidak apa-apa. Ngeri sekali membaca buku ini. Takut, karena orang yang membela teroris itu ada. Kalau ada yang membela teroris, yang jelas-jelas menebar teror dan membunuh orang, jangan-jangan yang membela (atau setidaknya diam-tapi-setuju) ormas garis keras itu lebih banyak lagi?

Buku ini ditulis oleh seorang jurnalis, tapi gaya menulisnya dalam buku ini tidak seperti jurnalis. Banyak juga usaha memanusiakan keluarga Mubarok yang agak mengada-ngada, sehingga terkesan janggal.

Meskipun demikian, buku ini memberikan banyak insight baru manusia. Terutama tentang bagaimana manusia terus berusaha merasionalisasi apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukannya… Saya juga belajar sedikit lebih banyak tentang bagaimana manusia memandang agama yang dipeluknya.

View all my reviews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s