Ghostwriters

Kemarin sempat ngobrol dengan beberapa orang, dan ternyata cukup banyak juga yang terkejut saat mengetahui bahwa seorang penyanyi terkenal belum tentu menciptakan sendiri lagunya. Jadi singer dan songwriter itu bisa jadi 2 profesi yang berbeda yang belum tentu saling bersilangan. Di dunia musik memang demikian karena memang ada orang-orang tertentu yang punya kreativitas dalam mencipta lagu tapi belum tentu mampu menyanyi / pantas membawakan lagu tersebut. Demikian juga banyak yang tampilannya pas untuk jadi artis tapi tidak tahu mau menyanyikan lagu apa. 

Sementara itu, di dunia tulis menulis juga terjadi hal yang sama. Rupanya banyak teman-teman saya yang belum tahu bahwa kebanyakan buku-buku yang ditulis oleh orang-orang terkenal sebenarnya tidak ditulis oleh mereka sendiri. Bayangkan betapa terkejutnya teman saya yang ngefans berat terhadap seorang atlet sepakbola/basket yang baru saja tahu bahwa sebenarnya yang menulis buku kisah hidupnya adalah seorang blogger anonim! Ternyata aslinya si idolanya itu tidak seinspiratif yang dia duga.

Ghostwriter adalah seorang penulis yang dibayar untuk membuat sebuah tulisan, tapi namanya tidak akan ditampilkan sebagai pemilik karya tersebut. Makanya pakai istilah ghost (hantu), kan tidak kelihatan. Nanti, si-orang-yang-membayar-ghostwriter-ini bisa menggunakan hasil tulisan si ghostwriter seolah-olah itu karya mereka sendiri.

Jadi kalau pergi ke toko buku besar, jangan langsung kagum saat melihat seorang atlet/artis yang ternyata mampu menciptakan sebuah buku yang best seller karena isinya menarik. Kemungkinan besar, itu adalah hasil kerja ghostwriter.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s