charisma in your leader

Kalian pasti pernah lihat orang yang kelihatan banget sedang berusaha untuk keliatan berkarisma. Ada juga orang yang sangat terlihat usahanya untuk nampak sebagai orang yang punya kemampuaan persuasi dan leadership. Kalian pernah lihat orang di atas panggung yang selalu minta si pengunjung untuk mengulangi ucapannya sekali lagi dengan suara yang lebih keras kan? (Mana suaranya??? Sekali lagi….!!) Kalau memang di dalam dirinya ada kemampuan untuk membawa audiens menjadi lebih hyped, ya bakal jadi bagus. Tapi kalau nggak mampu, bakal kelihatan janggal banget.

Somehow, banyak orang berpikir figur seorang leader adalah orang yang mampu mempengaruhi orang dengan cara menampilkan dirinya sebagai orang yang semangatnya berapi-api, volume suaranya lebih keras, secara eksplisit mengucapkan kata SEMANGAT! dan kalau nulis selalu menggunakan huruf KAPITAL pada kata-kata TERTENTU seperti itu.

Menurut saya, ada karisma seorang pemimpin tidak diukur dari perilaku yang ditampilkan ke dunia luar, melainkan dari karakter yang dimiliki dalam dirinya. Saya lebih suka orang yang memiliki kebaikan hati dan kehangatan dalam menjalin relasi, karena seorang pemimpin yang saya suka adalah mereka yang peduli dan memperhatikan mereka yang dipimpin oleh dirinya.

Ada juga yang suka dengan orang yang memiliki kemampuan untuk fokus terhadap tujuan, sehingga bisa membawa sekelompok orang untuk tetap stay on course. Orang lain memiliki preferensi sendiri mengenai pemimpin yang disukainya. Untuk yang sedang berkutat dalam organisasi atau perusahaan, semoga kalian bertemu dengan sosok leader yang sesuai dengan preferensi kalian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s