whining while playing on easy mode

Ini elaborasi dari apa yang dulu saya dengar di radio saat seorang kenalan menjadi narasumber di talkshow itu (secara anonim, tentu saja).

Coba bayangkan kalau hidup ini ibarat sebuah game. Anggap saja sebuah MMORPG lah. Kayak World of Warcraft, tapi versi Dunia Nyata. Sebelum kita main game, pasti kita menentukan dulu nama karakternya apa, tampilannya kayak gimana, dan kalau main single player biasanya kita bisa menentukan difficulty setting-nya (tingkat kesulitan).

Kalau kamu hidup di Indonesia, difficulty setting paling gampang itu adalah: cowok, muslim, etnis mayoritas (katakanlah Jawa/Sunda), kelas menengah ke atas, dan heteroseksual. Itu tingkat paling gampang. Very easy.

Terus yang jadi cewek, ateis, etnis minoritas (katakanlah Tionghoa), miskin, dan lesbian? Itu difficulty level Hardcore. (yes this is a Diablo reference)

Kalau kamu ada di difficulty setting paling mudah, jangan terlalu banyak mengeluh deh. Kamu udah dapat lebih banyak privilege dan kemudahan. Kalau perlu, bantu orang-orang yang ada di tingkat kesulitan yang lebih berat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s