Leeson & Barings

Dari ngobrol-ngobrol dengan beberapa orang, salah satu pertimbangan dalam memilih menjadi karyawan di perusahaan mana adalah berapa lama perusahaan tersebut sudah berdiri. Jika perusahaan tersebut sudah lama bertahan dan terus berkembang, maka si calon karyawan menilai bahwa itu adalah ‘tempat yang aman’ untuk mengabdikan dirinya dan memperoleh penghasilan. Meskipun itu adalah penilaian yang masuk akal, tapi bukan berarti bahwa perusahaan yang sudah tua otomatis merupakan perusahaan yang ‘aman’.

Barings Bank didirikan pada tahun 1762 oleh 2 Barings bersaudara. Bank ini bisa bertahan meskipun mengalami era Great Depression, Perang Dunia I, dan Perang Dunia II (bahkan menjadi salah satu aset yang penting dalam perang karena memiliki liquid asset yang besar), tapi… pada akhirnya Bank ini bangkrut di tahun 1995.

Penyebab utamanya adalah Nick Leeson, seorang trader yang terlalu banyak melakukan risky trading (dan juga menutupinya dari pusat Barings Bank di London), sehingga berhasil membuat perusahaan dengan sejarah 233 tahun bangkrut. Kalau tertarik lebih jauh tentang kisah Bank Barings, kalian bisa tonton filmnya: ‘Rogue Trader’, diperankan oleh Ewan McGregor.

Selain Barings Bank, mungkin contoh yang lebih aktual lagi adalah kolapsnya perusahaan raksasa di Amerika pada tahun 2008 (e.g: Lehman Brothers). Karyawan yang sudah merasa aman di perusahaan tersebut pada akhirnya jadi menganggur, lalu terpaksa melakukan pekerjaan yang sebenarnya nggak perlu pendidikan tinggi (misal: kasir Wal-Mart) karena mereka harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membayar hutang.

Jadi, nggak cuma berwiraswasta saja yang punya resiko tinggi. Jadi karyawan pun sebenarnya menyimpan resiko yang besar, karena nasib kita berada di tangan orang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s