Some people are too easily offended when it comes to THEIR religion…

Kemarin ini saya menemukan orang yang tersinggung dan ngambek berat karena ada joke agama di situs humor 9gag. For me, it was a funny post tapi buat orang tersebut postingan itu dianggap kurang ajar dan melewati batas kesopanan (seolah-olah dunia itu kecil banget dan semua harus ngikutin standar kesopannya dia sendiri). Yang jelas sih saya jadi tahu kalau orang ini pasti nggak suka surfing ke berbagai tempat di internet.

Kebanyakan postingan 9gag adalah hasil colongan dari berbagai situs, terutama situs Reddit. Situs Reddit sendiri merupakan situs social news, mirip dengan Digg, yang punya berbagai subreddit (sejenis subforum). Salah satu subreddit terbesarnya adalah /r/atheism, yang diakui sebagai komunitas ateis terbesar di dunia. Saya sendiri suka mampir baca-baca di sana, banyak artikel yang menarik atau lucu.

Nggak mengherankan kalau ada beberapa postingan di 9gag yang menggunakan agama sebagai topik leluconnya. Kalian sendiri reaksinya bagaimana sih kalau topik agama dijadikan bahan lelucon? Menurut saya pribadi sih nggak apa-apa, toh yang sekarang cuma jadi dongeng dan mitos, dulunya juga agama. Kita mungkin bakal mati dalam waktu 50 tahun lagi. Siapa yang tahu sih kalau 1000 tahun lagi, agama kita akan cuma jadi mitos seperti kisah Dewa Zeus atau Dewa Gunung? Bisa aja manusia 1000 tahun lagi berkomentar, konyol sekali nenek moyang kita, kok bisa-bisanya percaya yang seperti itu (sama seperti kita berpikir kok nenek moyang kita bisa-bisanya menyembah dewa gunung atau batu).

Don’t take religion too seriously… just relax, lay back, and think that maybe those jokes shades more truth than your dogmatic priest.

Oh ya, untuk yang beragama katolik (ini buat yang agama lain juga sih), ini ada video rap rant yang lucu dari Bo Burnham 😀 Isinya tentang Katolik dan juga agama lain secara umum. Try watching it! 😀 Liriknya ada di halaman youtubenya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s