Vicariously Learning

Sudah mengikuti berita terbaru tentang PNS yang punya rekening gendut? Ini salah satu perilaku parah yang sangat mencolok. Beberapa tokoh di twitter membahas bagaimana secara logika tidaklah mungkin seorang PNS berusia 36 tahun bisa punya uang 50 milyar d rekening tabungannya.

Saya berharap pelaku seperti ini mendapatkan hukuman.

Kenapa?

Untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa perilaku seperti ini punya konsekuensi. You don’t get away after doing these things. Kalau perilaku seperti ini dibiarkan tanpa ada hukuman yang berat, generasi berikutnya akan menganggap bahwa ini sudah dianggap wajar dan biasa saja. Kalaupun dibahas dan diusut, nanti juga bisa lolos kok. Aman.

Saya melihat beberapa orang yang lebih tua dari saya menganggap korup itu wajar. Saya juga sudah melihat rekan-rekan seusia saya yang mulai melakukan pembenaran diri ‘semua juga melakukan ini, apalagi yang lebih tua dari kita’. Apa jadinya generasi yang lebih muda dari kita?

Kita belajar dari pengamatan (dan juga pengalaman pribadi). Oleh karena itu, penegak hukum harus memberikan contoh yang benar, agar generasi yang sekarang jadi pengamat bisa belajar tentang apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s