Dark Chip

Pernah main game Mega Man Battle Network? Itu merupakan salah satu seri Mega Man yang dirilis di Nintendo GBA dan DS. Seri ini merupakan salah satu andalan Capcom di dunia handheld game consoles. Seri terbarunya adalah Mega Man Battle Network 6. Nah, saya mau membahas sesuatu yang muncul di seri sebelumnya, yaitu Mega Man Battle Network 5.

Di seri ke-5, ada fitur baru bernama “Dark Chip”. Chip ini merupakan salah satu senjata yang dapat digunakan oleh Mega Man, lebih kuat daripada Chip biasa dan lebih cepat, tapi Chip ini punya efek samping: setiap kali dipakai, max HP Mega Man akan -1 secara permanen, selamanya. Lalu Mega Man juga akan berwarna lebih gelap daripada sebelumnya (ini berlaku permanen juga). Bagi saya, ini menarik sekali… karena pemain jadi belajar bahwa dalam dunia game sekalipun, ada yang konsekuensi jangka panjang yang bisa kita alami, dan konsekuensi itu sifatnya permanen.

Dalam hidup, tidak ada indikator “-1 max HP” setiap kali kita menggunakan “Dark Chip” yang kita temui. Ini membuat kita lupa bahwa apa yang kita lakukan, entah hal baik maupun buruk, bisa memberikan dampak jangka panjang. Sekarang mungkin kita tidak merasakan dampak negatifnya karena dibuai oleh kenikmatan sementara. Tapi entah satu bulan lagi, satu semester lagi, satu tahun lagi, atau satu dekade lagi, apa yang kita kerjakan saat ini bisa kembali menghantui dan menyergap kita. Kita juga sering lupa bahwa apa yang kita lakukan ini punya dampak permanen. Some things just can’t be fixed, no matter how sorry you say you are. Oleh karena itu, kita harus hati-hati dalam mengambil keputusan dan melakukan tindakan.

Banyak orang baru belajar dan menyadari hal ini saat mengalami sendiri konsekuensi negatif dari apa yang dulu mereka lakukan. Banyak juga yang baru menyadari bahwa menyesal saja tidak akan bisa mengembalikan kondisi kita ke kondisi semula. Kita tidak perlu seperti itu. Tidak perlu membakar diri sendiri untuk tahu bahwa api itu bisa membakar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s