Resensi Buku | What Would Google Do? – Jeff Jarvis

What Would Google Do?: Reverse-Engineering the Fastest Growing Company in the History of the WorldWhat Would Google Do?: Reverse-Engineering the Fastest Growing Company in the History of the World by Jeff Jarvis
My rating: 3 of 5 stars

Buku ini terbagi dalam 2 bagian besar. Bagian pertama membedah tentang apa saja yang telah dilakukan Google dan dampaknya terhadap sektor-sektor lain yang berkaitan dengannya. Prinsip-prinsip dasar yang digunakan Google dianggap oleh Jeff Jarvis sebagai fondasi yang mengubah bentuk internet. Berhubung buku ini ditulis di tahun 2009, rasanya agak kocak juga melihat apa yang ditulis oleh Jeff Jarvis ternyata agak berbeda dengan apa yang terjadi di tahun 2012.

Google berubah.

Apa yang ditulis oleh Jeff Jarvis dalam buku ini merupakan hal-hal ideal yang didasari oleh asumsi bahwa dia memahami Google. Padahal, dia tidak bekerja untuk Google. Semua asumsi tersebut disusun dari sudut pandang orang luar. Oleh karena itu, bagian kedua buku ini (yang berisi andai-andai apa yang akan terjadi jika prinsip Google diterapkan ke sektor tertentu) terkesan sebagai omong kosong. Sesuai dengan judul bukunya, penulis berandai-andai “What Would Google Do?”.

Meskipun demikian, buku ini cukup menarik untuk dibaca jika anda ingin membuka pikiran anda terhadap konsep platform yang terbuka. Dalam realitanya, tentu Google lebih kompleks dan tidak seideal yang diceritakan oleh Jeff Jarvis, tapi menambah wawasan dan wacana tentu tidak ada salahnya. Yang penting, kita tidak menganggap ini sebagai buku “suci” yang pasti benar.

View all my reviews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s