Hujan besar, stuck ga bisa gerak kemana-mana, mati gaya, maka…

…saya kultwit.

Karena nggak biasa kultwit, mungkin agak kurang runtut, mungkin juga kurang detail, dan mungkin banyak yang pembahasannya nggak mendalam.

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Kultwit ini disponsori oleh hujan yang tiada kunjung berhenti daritadi sehingga lebih baik saya ngomong sendiri drpd mati gaya.

1. Ngobrol dgn beberapa teman yg memutuskan untuk bekerja dan meninggalkan kota Bandung , saya menemukan ada pola2 yg menarik.

2. Memang tdk semua, tapi ada bbrp yg menyesali keputusannya untuk bekerja di lokasi yg tsb.

3. Kenapa? Ada bbrp hal. Hal pertama itu krn saat terima tawaran kerja, mereka hanya fokus pada apa yg didapat (gains), trus jd lupa cost.

4. Gains-nya tentu adalah gaji besar, peluang karir luas, dll dsb. Tapi costs-nya jg mahal. Jauh dari keluarga, dari pacar, dari teman.

5. Hal kedua yg sering dibahas adalah bagaimana mereka nggak punya persepsi yg clear ttg tinggal di lingkungan yg baru tsb.

6. It is impossible to get the sense of a city from just one or two or three visit. Stres krn culture shock itu baru timbul stlh 6 bulan.

7. Ada psikolog bernama Daniel Kahneman yg mempopulerkan bidang ilmu baru, psikologi + ekonomi = behavioral economics.

8. Salah 1 topik yg jd minatnya:kebahagiaan. Dia menyimpulkan bhw sumber kebahagiaan adlh saat bersama org yg kamu cintai dan mencintai kamu

9. Nattavudh Powdthavee bikin komputasi bhw jika mau tetap bahagia meski meninggalkan keluarga, teman, & pacar, kita perlu naik gaji $130000

10. Tapi itu kan hasil riset orang luar negeri ya, konteksnya mungkin beda dengan kondisi di sini. Nah, balik ke hasil obrolan dgn teman2…

11. Faktor yg bikin nggak happy gara2 ambil kerjaan di tempat yg jauuuuh adalah: berkurangnya opsi yg bisa diambil dalam menjalani hidup.

12. Uang itu tidak bisa membeli kebahagiaan, tapi bisa memberi kita akses ke lebih banyak pilihan keputusan hidup, yg bs bikin kita happy.

13. Jadi, sebelum memutuskan untuk ambil kerjaan karena gajinya besar, pertimbangkan juga costs yg harus kamu bayar atas keputusan tsb.

14. Scr psikologis, kata Daniel Kahneman, kita tuh lebih terbebani oleh costs daripada terobati oleh gains. Jadi hati2 dlm pilih pekerjaan.

15. Sekian saja rangkuman obrolan saya dgn teman2. Siapa tau bisa jadi renungan untuk yg mau terus melanjutkan kerja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s