(Buku) Indonesia Mengajar, Pengajar Muda

Indonesia Mengajar

Indonesia Mengajar by Pengajar Muda
My rating: 2 of 5 stars

Buku ini merupakan kumpulan tulisan para Pengajar Muda angkatan pertama yang dikirim ke berbagai tempat di pelosok Indonesia. Saya pertama kali mendengar tentang gerakan Indonesia Mengajar di TEDxJakarta, saat pak Anies Baswedan menjadi pembicara di konferensi tersebut. Saat ini, animo pemuda terhadap Indonesia Mengajar sangat tinggi, terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar yang mau menjadi guru di tempat-tempat terpencil.

Sebagai sebuah gagasan dan gerakan, Indonesia Mengajar layak mendapatkan 5 bintang. Tapi sebagai buku, rasanya kualitasnya terkesan biasa saja. Ada beberapa hal yang membuat saya mengatakan bahwa buku ini tidak mendapatkan 5 bintang. Pertama, buku ini merupakan kompilasi dari catatan harian, jurnal, dan postingan blog para Pengajar Muda. Jadi pada awalnya mereka tidak memiliki rencana untuk menyatukan semua tulisan mereka menjadi satu buku. Saya pun mengamati ada sedikit typo yang belum diperbaiki oleh editor. Kedua, meskipun para Pengajar Muda ini memang merupakan pemuda-pemudi terbaik (terlihat dari profil mereka), tidak semuanya dibekali dengan kemampuan jurnalistik yang baik. Hal ini membuat kualitas tulisan setiap Pengajar Muda memiliki kualitas yang berbeda-beda. Saya akui memang ada beberapa Pengajar Muda yang kualitas tulisannya membuat saya terkagum-kagum dan terharu, tapi ada juga yang terkesan hambar.

Karena buku ini merupakan kompilasi postingan blog dan jurnal pribadi para Pengajar Muda, saya sulit melihat benang merah dalam setiap cerita. Mungkin ini juga disebabkan karena penulis buku ingin memuat seluruh Pengajar Muda (agar jatahnya cenderung merata). Judul setiap bab kurang menggambarkan isi postingan di dalamPadahal akan sangat menarik sekali jika terdapat satu uraian yang menyatukan seluruh tulisan di buku ini.

Di akhir resensi ini, saya ingin menekankan lagi bahwa yang sedang saya bahas adalah buku Indonesia Mengajar, bukan gerakan atau yayasannya. Secara pribadi, saya mengacungkan jempol kepada gerakan dan yayasannya, tapi saya rasa kualitas bukunya bisa lebih ditingkatkan lagi.

View all my reviews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s