Tentang berbagi konten dan menciptakan konten

Sekarang ini sudah terlalu banyak platform yang bisa kita gunakan untuk sharing sesuatu. Tumblr merupakan salah satu platform yang paling efektif dengan fitur reblog-nya. Twitter juga bisa digunakan sebagai sarana untuk sharing konten.

Permasalahannya, sekarang tidak sedikit orang yang sebenarnya sedang sharing konten, tapi memposisikan diri mereka sebagai orang yang menciptakan konten tersebut. Kalian pasti sering liat di Twitter, misalnya, ada orang-orang yang meng-copy tweet seseorang dan nge-tweet seolah-olah dia adalah orang yang memikirkan 140 buah karakter tersebut. Padahal kan ada fitur retweet. Saya kurang tahu apa motivasinya. Mungkin sedang personal branding?

Di Tumblr juga ada banyak yang seperti ini. Bukannya menggunakan fitur reblog, tapi mereka memilih tombol ‘Compose’ dan merebut konten orang lain. Saat mereka posting konten tersebut, sebenarnya mereka sedang posting konten yang diciptakan orang lain tapi seolah-olah mereka sendiri yang bikin. Di dunia blogging, banyak sekali orang yang copy-paste artikel seolah-olah mereka adalah orang yang memikirkan seluruh kalimat-kalimat yang tertulis di blog tersebut. Padahal itu hasil pemikiran orang lain.

Kalian tahu 9gag? Sebenarnya itu adalah situs yang sangat rajin mencuri konten. Hampir semua (mungkin sekitar 95%) konten 9gag berasal dari situs Reddit dan 4chan. Yang paling kurang ajar, mereka beri watermark untuk setiap gambar yang dipost di 9gag (sekarang ditutupi oleh satu baris kolom putih yang nggak terlihat, tapi tetap ada). Sisanya adalah posting internal joke yang related dengan 9gag. Saya sebal dengan 9gag karena mereka menyatukan sistem komen mereka dengan Facebook. Alhasil, banyak link 9gag yang bermunculan di news feed saya, dan saya pun dikelilingi oleh repost. Kualitas komen di 9gag juga sangat rendah, hampir semuanya adalah meme joke yang berulang di sekitar situ-situ saja, beda dengan komentar-komentar di reddit yang jauh lebih berkualitas (meskipun yang nggak mutu juga banyak).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s