Resensi Buku | Ronin – Frank Miller

RoninRonin by Frank Miller
My rating: 3 of 5 stars

Seperti kebanyakan karya Frank Miller yang lain, graphic novel ini gelap dan sangat sinis. Di akhir cerita, ada sebuah twist yang cukup menarik, sehingga mengubah konsep dasar dari cerita ini. Kabarnya, film animasi Samurai Jack banyak terinspirasi dari graphic novel ini… pantas saja kemiripannya banyak terlihat.

Konsep biocircuitry yang diperkenalkan di novel ini sangat menarik. Di sebuah masa depan khayalan, Amerika sudah hancur dan satu-satunya tempat berlindung yang aman adalah di dalam Aquarius: sebuah benteng yang dibangun sendiri oleh komputer bernama Virgo. Virgo sendiri merupakan sebuah komputer yang “hidup”, dia bisa memulihkan dirinya sendiri setelah mengalami ledakan, bahkan bisa berpikir seperti layaknya manusia. Ini adalah contoh kecerdasan buatan yang sangat canggih (di akhir cerita, ini merupakan faktor yang sangat penting).

Saya rasa ini merupakan bacaan wajib bagi penggemar graphic novel, khususnya penggemar Frank Miller. Dalam resensi ini, saya tidak menceritakan terlalu banyak tentang jalan ceritanya karena sulit sekali untuk tidak memberikan spoiler. Untuk yang berdomisili di kota Bandung, kalian bisa membacanya di Kineruku.

View all my reviews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s