Resensi Buku | SuperFreakonomics – Steven D. Levitt

SuperFreakonomics: Global Cooling, Patriotic Prostitutes And Why Suicide Bombers Should Buy Life InsuranceSuperFreakonomics: Global Cooling, Patriotic Prostitutes And Why Suicide Bombers Should Buy Life Insurance by Steven D. Levitt
My rating: 3 of 5 stars

Sama seperti buku pertama (Freakonomics: A Rogue Economist Explores the Hidden Side of Everything), SuperFreakonomics berisi temuan menarik dalam berbagai permasalahan di dunia ini, yang tentu saja dilihat dari perspektif seorang ekonom. Banyak cerita yang menarik, terutama kisah sebenarnya di balik pembunuhan Kitty Genovese. Seluruh mahasiswa Psikologi Sosial di seluruh dunia pasti pernah mendengar kasus Kitty Genovese ini, karena hampir seluruh textbook Psikologi Sosial menggunakan kasus tersebut sebagai contoh dari bystander effect. Di balik penjelasan psikologis yang dramatis tersebut, terdapat realitas yang jauh lebih logis, empiris, dan.. ekonomis.

Di bagian akhir buku ini, pembahasan kedua penulis ini melenceng ke topik pemanasan global, yang menurut saya kurang relevan dengan tema yang biasa dibawakan dalam cerita Freakonomics. Akibatnya, penjelasannya terlalu teknis sehingga gaya tulisannya terasa agak aneh. Seandainya penulis tidak memberikan pembahasannya yang melebar ke topik ini, mungkin saya akan memberikan poin lebih dari 3 bintang.

View all my reviews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s