Resensi Buku | God Is Not Great – Christopher Hitchens

God Is Not Great (How Religion Poisons Everything)God Is Not Great by Christopher Hitchens
My rating: 4 of 5 stars

Buku ini berisi opini Christopher Hitchens yang berupa kritik tajam terhadap institusi agama. Tentu saja dengan mengangkat topik ‘agama itu buruk’, buku ini akan langsung dianggap kontroversial. Dalam 19 bab, Christopher Hitchens menjelaskan mengapa keberadaan ajaran agama sudah tidak lagi relevan dengan kondisi dunia saat ini. Hal ini bisa dilihat juga dari subjudul buku ini: ‘How Religion Poisons Everything’.

Dalam buku ini, Hitchens tidak banyak membahas tentang konsep Tuhan maupun mendebat keberadaan Tuhan. Hampir seluruh bab merupakan kritik terhadap konsep yang diciptakan oleh manusia, yaitu agama. Pembahasannya sangat kritis. Pernahkah kalian berpikir mengapa ada beberapa agama yang menghindari babi? Kenapa ada yang menyucikan sapi? Apakah keberadaan agama membuat orang berperilaku “lebih baik” ? Apakah isi Kitab Suci itu bermoral? Bagaimana agama diciptakan? Bagaimana akhir dari suatu agama? Kenapa ada kemiripan antara Kitab Suci agama yang satu dengan agama yang lain? Kenapa ada tradisi dan perayaan yang mirip?

Banyak pendapat para tokoh yang dibahas di buku ini. Misalnya, menurut Sigmund Freud, agama itu tercipta karena ada sekelompok manusia tidak bisa melepaskan diri dari rasa takut akan kematian dan juga “wishful thinking” yang kekanak-kanakan. Contoh lain adalah pembahasan mengenai kutipan dari Einstein, “Tuhan tidak bermain dadu”. Apakah kalian tahu bahwa kutipan itu dibuat sengaja lepas dari konteksnya? Sebenarnya Einstein tidak pernah percaya terhadap konsep Tuhan personal.

Saya rasa buku seperti ini nggak akan banyak dibaca oleh orang-orang yang cukup fanatik dengan agamanya sendiri. Padahal kesadaran akan kekurangan dan cacat dalam institusi agama itu sangat diperlukan agar pikiran kita tidak dibuat menjadi sempit oleh agama. Agama yang ‘diserang’ dalam buku ini cukup lengkap (:P), mulai dari Kristen, Islam, Yahudi, sampai Buddha pun kena. Jadi, buku ini saya sarankan untuk dibaca oleh semua pihak 😀

View all my reviews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s