Catatan Bulan Maret: Bimbingan!

March Madness! Rasanya ungkapan itu memang benar… dan tau-tau sekarang sudah bulan April lagi aja. Bulan yang luar biasa!

Di bulan Maret saya banyak dikejar berbagai deadline dan… banyak kerjaan saya yang tidak terselesaikan. Di bulan ini saya menyadari keterbatasan saya dalam mengatur waktu dan multitasking. Di bulan ini saya menyadari bahwa daripada mengerjakan banyak hal, lebih baik fokus mengerjakan satu hal saja, tapi terselesaikan dengan baik. Di bulan ini, saya belajar untuk lebih menghargai waktu…

Salah satu kegiatan baru yang saya lakukan di bulan Maret ini adalah memberikan bimbingan untuk mata kuliah Metodologi Penelitian. Tugas saya adalah membantu mahasiswa tingkat III untuk menyelesaikan sebuah proposal penelitian dalam waktu 1 semester. Ini bukan mata kuliah yang susah, asalkan mahasiswa tersebut mampu mengatur waktu dan mempertahankan semangatnya untuk mengerjakan tugas-tugas ini. Saya diberi tanggung jawab untuk membimbing tiga mahasiswa, semuanya dengan topik yang berlainan.

Ternyata progress mereka tidak sama, meskipun saya memberikan perlakuan yang sama terhadap mereka. Ada yang mengerjakan dengan cepat, ada yang biasa saja, ada juga yang agak lambat kemajuannya. Tidak apa-apa lah. Anggap saja itu sebagai individual differences.

Kalau berkaca dari pengalaman saya sendiri di tingkat III, rata-rata mahasiswa ini akan mulai ‘ngebut’ mengerjakan proposal pada saat 2 minggu menjelang UAS. Pembimbing yang tadinya tidak dihubungi sama sekali, malah jadi dikejar-kejar mahasiswa. Maklumlah, mata kuliah ini bentuknya seperti rangkaian. Jika tidak lulus di mata kuliah ini, otomatis kelulusan tertunda selama 1 semester.

Sebenarnya itu merupakan habit yang sangat buruk sekali, karena jika di mata kuliah Metode Penelitian saja sudah keteteran dengan waktu, maka sudah dipastikan dia tidak akan lulus mata kuliah Usulan Penelitian dan harus mengulang di semester selanjutnya…

Iklan

Satu tanggapan untuk “Catatan Bulan Maret: Bimbingan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s