Resensi Buku Pengantar Psikologi Proyektif

Pengantar Psikologi ProyektifPengantar Psikologi Proyektif by Diah Karmiyati

My rating: 1 of 5 stars

Ini adalah pertama kalinya di tahun 2011 saya memberikan hanya 1 bintang dalam sebuah resensi buku. Buku ini dibagi dalam 4 bab: (1) Dasar-dasar Teoritis Psi. Proyektif, (2) Apersepsi dan Distorsi Aperseptif, (3) Teknik Proyeksi, dan (4) Pengantar Tes Proyeksi. Sebetulnya, dua bab pertama memang menjelaskan konsep teori proyektif dengan singkat, namun cara penulisannya kurang menarik dan tidak runtut. Bab 3 lebih parah karena penjelasannya semakin singkat dan tidak banyak memberikan informasi yang berguna. Isi dari bab 4 benar-benar sesuai dengan judul babnya, yaitu hanya menyebutkan nama alat tes dan seperti apa bentuknya.

Dosa terbesar dalam buku ini adalah… salah ngatur urutan halaman dan salah ketik. Menurut saya ini sangat fatal, karena seolah-olah editor buku ini tidak berusaha untuk menjadikan buku ini sebagai buku yang baik. Padahal, buku mengenai tes psikologi proyektif di Indonesia masih sangat sedikit!

Kekurangan lain adalah bagian lampiran buku yang menampilkan alat-alat tes proyektif yang seharusnya dijaga kerahasiaannya (misalnya salah satu lembaran kartu Rorschach dan TAT serta WZT). Selain itu, ada kesalahan yang fatal dalam daftar alat tes proyektif (salah satu alat yang dituliskan justru BENAR-BENAR BUKAN merupakan tes proyektif), sehingga saya jadi meragukan keabsahan seluruh isi buku ini. Saya pun jadi turut meragukan kualitas kampus UMM, khususnya fakultas Psikologinya.

Yah, membawa nama kampus memang sebuah tanggung jawab yang berat!

View all my reviews

Iklan

Satu tanggapan untuk “Resensi Buku Pengantar Psikologi Proyektif

  1. Kekurangan lain adalah bagian lampiran buku yang menampilkan alat-alat tes proyektif yang seharusnya dijaga kerahasiaannya (misalnya salah satu lembaran kartu Rorschach dan TAT serta WZT).

    sangatttt bnar sekali….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s